Tuesday 28 July 2015

Citarum Sehat

Situ cisanti menjadi hulu citarum, citarum sungai besar yang ada di jawabarat dan berujung di laut utara jawa. Anak sungai yang berada di beberapa daerah Kota Bandung sungai cikapundung bermuara di sungai Citarum.

Sungai citarum yang kotor menjadi pemandangan yang tidak indah, bau yang menyengat menjadi lebih buruknya aliran sungai tersebut, apa lagi dengan datangnya musim kemarau sungai mengering debit air berkurang, yang mengalir tinggal limbah pabrik dan limabah rumah tangga, sehingga air pun menjadi hitam dan bau, dan sangat menganggu, berbeda dengan musim hujan air mengalir lebih besar walau tidak jernih tetapi tidak bau, musim kemarau menjadikan citarum sakit.


Akhir pekan yang menyenangkan, berolahraga di pingir sungai citarum menjadi pilihan yang sehat dengan rimbunya pohon dan hijaonya pesawahan mejadi udara semakin segar dan sehat. Walau jalan di sisi citarum tidak bagus tetapi cukup lebar berlari pagi atau sekedar berjalan santai bersama keluarga di akhirpekan menjadi sangat mengasyikkan.


http://tioa55.blogspot.co.id/
Jalan santai 


http://tioa55.blogspot.co.id/
Mapai Citarum

Kembalinya sungai citarum menjadi bersih dikala pabrik-pabrik yang beroprasi di pingir citarum berhenti, citarum tampak sehat airnya bersih dan ikanya banyak dan airnya tidak berbau. Walau airnya menyusut saat kemarau tapi menjadi lahan mencari rezeki penduduk di pingiran sungai, ngecrik dan mancing  jadi aktifitas rutin dimasa citarum sehat. Ikan menjadi banyak dan tidak khawatir untuk di konsumsi karena tidak terkontaminasi logam berat hasil dari limbah yang dibuang sembarangan oleh pabrik.

http://tioa55.blogspot.co.id/
Bersama Anak-anak

http://tioa55.blogspot.co.id/
Ibu-ibu BSI


Citarum sedang sehat dengan datangnya libur bersama Idulfitri. Sebagian besar Pabrik di sekitar pingir sungai citarum berhenti, dalam melakukan aktifitasnya. Pabrik tekstil di sekitar pingiran citarum lah penyebab sakitnya sungai citarum, air menjadi hitam dan bau yang tidak enak menyebar sehinga dengan kotornya sungai citarum menjadi ekosistem air menjadi tidak sehat.


Rakit Penyebrangan penduduk setempat 

Dua minggu libur bersama, citarum bersih. Yuk kita mancing ikan di sunagi Citarum. Juli 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text