Wednesday 23 November 2011

LUKISAN JELEKONG

http://tioa55.blogspot.co.id/
Lukisan Jelekong Karya Kang Iyan Gustian


JELEKONG sebuah desa ujung selatan kota Bandung, dimana masyarakatnya kurang lebih 80% berkecimpung di bidang seni melukis, dengan keahlian cara melukisnya masyarakatnya yang menjadi mata pencaharia untuk menghidupi keluarga, daerah jelekong tidak lah jauh dari Bandung 45.00 menit perjalanan menuju Desa Jelekong Baleendah dan masuk dalam daerah kabupaten Bandung jarak dari kota Bandung ke jelekong kurang lebih jarak tempuhnya 20 km. 

Dimulai masuk kedalam kita akan menemui dimana Giriharja yang terkenal dengan Wayang goleknya ASEP SUNANDAR SUNARYA beliau tinggal, sedangan untuk melihat-lihat para pelukis jelekong kita lebih masuk kedalam, disetiap perjalanan menuju desa jelekong dari awalmasuk daerah tersebut anda akan disuguhi lukisan-lukisan yang beraneka bentuk dari lukisan binatang, pemandangan, bunga-bunga, kaligrafi dan lain-lain semua terpampang di kios-kios yang menyediakan hasil lukisan dari masyarakat setempat dan tersedia juga berbagai ukuran, harganyapun relatif terjankau oleh masyarakat.


Gerbang Masuk Desa Jelekong
Di jelekong banyak seniman yang mungkin di daerah lain kurang dikenal tetapi dari hasil lukisanya sangatlah indah dari beberapa gaya dari media kanfas, palet, patri dan sebagainya, cara melukisnya pun sangatlah terlatih, karena mereka bertahun-tahun mengelutinya, malah dengan beberapa menit sajah mereka dapat menyelesaikan lukisan yang indah dan dengan cepat yang tidak dengan cara biasa para pelukis lakukan. 

Gaya lukisanya memang cenderung monoton, tetapi cara melukisnya yang unik dengan mengunakan palet hanya orang yang terlatih yang dapat melakukanya dengan kecepata tangannya sang pelukis sangat terampil, tangannya memegang palet meliuk-liuk di atas kanfas bagai pesulap, tidak lama kemudian terbentuklah lukisan yang sangat indah, dan menawan setelah jadi dengan bingkai yang indah menambah keindahan lukisan itu terlihat menawan. Jangan salah harganyapun relatif murah. 

jadi andaikan anda ingin mencari lukisan penghias interior anda dirumah, kantor, Caffe, rumah makan, bahkan Hotel pun mereka menyediakanya.

Biasanya dipameran seni seringkali terlihat beberapa lukisan karya seniman jelekong yang diadakan didaerah kota Bandung, dan Jawa Barat, dan ini dimana pameran yang diadakan didaerah SABUGA Babakan Siliwangi Bandung.

Pelukis Jelekong Pameran Di Sabuga Bandung

Lukisan yang akan anda dapatkan di desa jelekong akan lebih baik datang langsung dimana si perajin lukisan sedang mengarap atau melukis, sekalian berwisata murah sekalian mencari sufenir lukisan yang kita inginkan.

Dan juga kita dapat mengajak keluarga atau anak-anak yang ingin belajar melukis dengan mempelajari bagaimana pencampuran warna dalam seni warna untuk melukis indah, salah satunya di Sanggar Panineungan Desa Jelekong Kab. Bandung.

Selain Jelekong Kita dapat mengunjungai wisata Kampung Batu masih diwilayah Baleendah dan anda dapat menikmati suasana baru di Kampung Batu




















2 comments:

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text