Friday 25 November 2011

Kelinciku yang Kusayang


http://tioa55.blogspot.co.id/
Kelinci

 KELINCIKU YANG KUSAYANG Pada suatu pagi kami sekeluarga jalan-jalan ke pasar, tanpa disadari ternyata tidak hanya sayur mayur atau sembakao saja yang dijual para pedanagan,  “Lihat apa itu bulunya putih dan telinganya panjang, matanya juga indah bening seperti kelereng.” Umi menjawab “Itu adalah kelinci, dia suka makan wortel sehingga matanya bagus" kata umi wortel mengandung vitamin A, wortel juga baik buat kita biar mata kita indah seperti kelinci.

 “Abi Umi aku ingin memelihara kelinci,” sambil menarik baju umi, "boleh asal kamu harus rajin memberinya ia makan dan membersihkan kandanya" saya sama abi ya! “Insyaallah Abi, aku akan memeliharanya dengan baik, dimana kelinci itu tinggal bi? ayo kamu tebak?” kata abi, Kelinci tinggal dikandang, dan abi menceritakannya, kalau di alam liar mereka membuat terowongan dalam tanah untuk tempat berlindung dari pemangsa dan predator, yang akan memangsanya, ia juga mengali tanah dibawah bebatuan atau di antara semak belukar.

Setelah itu kita membeli kelinci kecil itu, dan kita melanjutkan berkeliling mencari apa yang kita butuhkan, terutama kebutuhan pokok yang umi butuhkan untuk memasak setelah kita jalan-jalan.

Sesampainya di rumah raya bingung ditempatkan dimana kelinci-kelinci ini, padahal saat ini adalah musim hujan. Pada  hari itu hujan turun lebat, umi apakah kelinci itu membutuhkan selimut seperti aku, kasihan dia di kardus kedinginan, “sayang, kelinci binatang yang memiliki bulu yang lebat dan tebal.” kata Umi,  Bulu-bulu halusnya yang melindungi dia dari udara dingin. 

Dan abi akan segera membuatkan kandang yang bagus buat kelinci-kelinci itu tinggal. Setiap hari aku senang bermain bersama kelinci ku, bulunya halus dan aku menyisir dan merapihkan bulunya, serta memotong kuku-kukunya yang tajam, dan aku pun akan selalu mengelus bulunya yang lembut aku sangat suka.

Di saat abi libur akhir pekan, abi selalu membangunkan raya pagi-pagi sekali, walau rasanya sangat ngantuk sekali dan rasanya ingin berselimut lagi, tetapi aku terpaksa bangun dan abi mengajak aku ke sawah, kita berdua mencari rumput ditepian sawah dan ladang, aku sangat gembira karena hari ini kelinciku makan rumput  yang  segar dan kelinci makan dengan lahap.

Setelah beberapa hari  kemudian!  "Abi, umi mengapa kelinciku perutnya menjadi  besar dan kenapa kelinciku bulunya jadi rontok, apakah dia terlalu banyak makan?" Raya terlihat penasaran "Sayang kelincinya ternyata sedang mengandung, dan nanti bila waktunya tiba kelinci itu akan melahirkan bayi-bayi kelinci yang lucu" kata abi "Kamu harus rajin merawatnya". 

Tahukah kamu bahwa kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan dibelahan bumi kita. Kelinci binatang herbi fora yaitu pemakan tumbuhan, ada juga umur kelinci yang mencapai 5-10 tahun lo, lama juga ya dan sekali beranak  4-10 ekor. “Banyak sekali abi!” kata Raya. kalo sudah beranak tentunya kelinci yang tadinya hanya 2 ekor sekarang bertambah banyak, coba tebak kelinciku ada berapa? Mari kita bersama-sama meng hitungnya, sekarang kelinciku bertambah banyak, yang besar dua dan yang kecil ada empat.

Kelinci kecil yang lucu, dan aku akan selalu menjaga dan merawatnya, hingga besar agar aku dapat bermain dengan kelinci ku setiap hari. Bagi teman-teman perempuan sebaiknya memelihara kelinci ya seperti saya. Kebahagiaan Teteh Raya saat memiliki kelinci.

2 comments:

  1. wah... ternyata pa Tio seorang abi yg baik... baik dlm arti mau membelikan kelinci buat anak. jadi inget kucing hitam kesayangan saya yg pergi entah kemana... itu gara2nya saya tidak diperbolehkan memelihara kucing...
    langkah yang baik membuat anak jd kreatif adalah tidak membatasinya.... wah, gawat. saya jd tertarik. tertarik melihara kucing maksudnya.hehehe....

    ReplyDelete
  2. Maennya jauh kali lupa pulang kasihan.

    ReplyDelete

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text